Rabu, 06 Februari 2013

Islam Agama Rahmat bagi Seluruh Alam

Oleh :
Febrilia Ramadani 2412100032


Agama-agama di dunia kebanyakan mengambil nama dari pencetusnya atau tempat di mana agama tersebut dilahirkan dan dikembangkan, sebagaimana agama Nasrani yang mengambil nama dari tempat yaitu Nazareth, agama Budha yang berasal dari nama pendirinya, Budha Gautama. Tetapi tidaklah demikian untuk agama Islam. Agama Islam tidak mempunyai hubungan dengan orang, tempat atau masyarakat tertentu di mana agama ini dilahirkan atau disiarkan.

Agama Islam (wahyu) adalah agama yang Allah turunkan sejak manusia pertama, yaitu Nabi Adam. Kemudian Allah turunkan secara berkesinambungan kepada para Nabi dan Rasul berikutnya. Akhir dari penurunan agama Islam itu terjadi pada masa kersulan Muhammad saw pada awal abad VII Masehi.

Ketika Islam disampaikan oleh Rasulullah kepada masyarakat Arab, beliau mengajak masyarakat untuk menerima dan mentaati ajaran Islam, tanggapan yang mere ka sampaikan kepada Rasulullah adalah sikap heran, aneh dan ganjil. Islam dianggapnya sebagai ajaran yang menyimpang dari tradisi leluhur yang telah mereka taati secara turun temurun, dan mereka tidak mautahu apakah tradisi tersebut salah atau benar (QS. Al Baqarah : 170). Di dalam sebuah hadits juga digambarkan, bahwa Islam datangnya dianggap asing dan akan kembali dianggap asing, namun berbahagialah orang yang dianggap asing tersebut.

Kata Islam berarti damai, selamat, penyerahan diri, tunduk dan patuh. Pengertian Islam tersebut menunjukkan bahwa agama Islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian, kerukunan, keselamatan dan kesejahteraan bagi kehidupan umat manusia pada khususnya semua makhluk Allah pada umumnya, bukan untuk mendatangkan dan membuat bencana atau kerusakan di muka bumi. Inilah yang disebut fungsi Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Fungsi Islam sebagai agama rahmatan lil alamin tidak tergantung pada penerimaan atau penilaian manusia. Fungsi tersebut akan dapat terwujud dan dapat dirasakan oleh manusia itu sendiri maupun makhluk-makhluk lainnya, apabila manusia telah menaati dan menjalankan ajaran islam dengan benar dan kaffah.

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons