Rabu, 06 Februari 2013

KESEMPURNAAN ISLAM

 NAMA: APRILLIA DEWI AGUSTIN NRP    : 2412100023


“Islam merupakan agama yang paling sempurna”. Kata – kata tersebut pastilah sering didengar atau dibaca oleh masyarakat. Kata – kata tersebut bukanlah tanpa makna, karena bila dikaji lebih dalam makna kesempurnaan yang dimiliki oleh islam tersebut akan nyata sekali bagi tiap – tiap umatnya yang yakin dan percaya. Manusia dapat melihat kesempurnaan ini, salah satunya dari bagaimana islam mengatur kehidupan manusia hingga aspek yang paling mendetail, contohnya seperti bagaimana tata cara makan dan tidur yang baik sesuai aturan islam. Hal ini secara tidak langsung menggambarkan bahwa islam merupakan agama yang senantiasa menuntun manusia untuk terus berada pada jalan yang lurus dimanapun mereka berada dan apapun yang mereka kerjakan. Akan tetapi, tidak sedikit yang malah beranggapan bahwa aturan – aturan tersebut membuat kegiatan mereka bertambah rumit. Masya Allah, padahal tanpa mereka sadari, sesungguhnya kerumitan itu mereka sendiri yang memunculkan akibat dari kurangnya rasa ikhlas dan yakin bahwa aturan yang telah Allah SWT tetapkan merupakan aturan terbaik agar umat-Nya senantiasa hidup dengan memiliki suatu pedoman agar selalu dalam jalan yang benar.

Selain itu, islam merupakan agama yang damai. Islam sangat berpantang dengan hal – hal yang berbau kekerasan dan memaksa baik dalam penyebaran maupun aturannya. Maksud dalam segi penyebaran disini adalah islam dalam menyebarkan ajaran, islam tidak pernah menggunakan kekuatan fisik, melainkan menggunakan pendekatan secara halus teradap masyarakat baik itu melalui diskusi ringan dengan menyelipkan ajaran – ajaran islam di dalamnya atau juga terkadang menyebarkannya melalui kebudayaan yang ada pada masyarakat tersebut, sehingga mesyarakat akan lebih terbuka dan memiliki keinginan untuk mengenal dan mempelajari islam lebih dalam lagi. Dan jika dilihat dari segi aturannya, maksud dari aturan yang jauh dari kekerasan adalah aturan dalam islam selau mengajak umat yang memeluknya untuk hidp jalan yang lurus yang mana sturan – aturan tersebut adalah aturan yang tidak memberatkan dan jauh dari kekerasan batin maupun fisik, yang mana dengan catatan harus ikhlas dalam menjalani dan mentaati aturan yang telah ditetapkan tersebut. Sedangkan maksud dari aturan yang tidak memaksa disini bukan diartikan bahwa aturan dalam islam boleh dilakukan atau tidak dengan seenaknya, melainkan dalam melakukan aturan tersebut, Allah SWT telah memberikan kebebasan kepada umat – Nya untuk melakukannya atau tidak, yang mana dari pilihan tersebut Allah SWT telah menyiapkan ganjaran yang sesuai.

Oleh karena itu, berbagai anggapan yang memandang islam sebagai agama yang sangat akrab dengan kekerasan dan peperangan merupakan pandangan yang sangat salah kaprah. Hal ini disebabkan, masyarakat menilai islam hanya dari kabar yang beredar melalui media massa tanpa mengkroscekkan dengan kenyataan tentang bagaimana sebenarnya agam islam sesuai dengan yang tertulis dalam Al – qur’an. Dan sudah sepatutnya, umat islam sekarang untuk melakukan upaya agar image agama islam di masyarakat luas dapat berubah, yaitu agama yang ajarannya paling sempurna dan merupakan agama yang damai dan mencintai kedamaian. Salah satunya dengan memiliki rasa bangga menjadi seorang muslim yang mana merupakan umat yang paling memiliki keutamaan di mata Allah SWT, karena dengan memiliki rasa bangga tersebut, maka keinginan untuk memperjuangkan agama islam dan beramal di jalan Allah SWT akan selalu menjadi niat utama dari setiap kegiatan yang dilakukan, apapun dan dimanapun.

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons