Sabtu, 19 Mei 2012

KARAKTERISTIK ISLAM

           Kita semua mengetahui bahwa Islam memiliki karakteristik tersendiri. Banyak sekali alasan kenapa kita harus memilih agama ini sebagai sumber hidayah atau pedoman hidup. Pertama Islam adalah agama wahyu atau agama samawi. Agama wahyu adalah anugerah dari Sang Maha Kuasa, Allah SWT. Jadi, Islam adalah agama Ilahiyah. Sudah pasti, kebenaran agama wahyu bersifat absolut alias mutlak. Mustahil mengandung suatu kesalah pahaman. Islam adalah nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari ilmu-Nya. Selain itu Islam adalah agama sempurna (kamil) dan lengkap (syamil) seperti pada potongan firman Allah yaitu:

 

“.....Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.....” (QS. Al Maidah : 3)

Sebagai agama sempurna, Islam menjelaskan nilai-nilai aqidah, syariah, ibadah, dan akhlaq. Selain itu, menjelaskan bagaimana kewajibannya kepada Allah Yang Maha Pencipta (hablun minallah) dan bagaimana manusia harus menunaikan hak dan kewajibannya kepada sesama umat manusia (hablun minannas).
Kedua, Islam adalah agama insaniyah. Islam dipersembahkan untuk manusia tanpa batas dan sekat seperti ekonomi, politik, suku, bangsa dan lain-lain. Karena itu sudah pasti Islam termasuk agama yang sangat manusiawi. Agama semua nabi ini mudah dipelajari dan diterima siapa pun. Islam diturunkan demi keselamatan, kemuliaan, kesejahteraan, dan kebahagiaan manusia.
Ketiga, Islam adalah agama alamiyah. Islam diturunkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Kebajikan Islam tidak hanya bermanfaat bagi manusia, namun juga untuk menjaga, membangun, dan melestarikan keseimbangan semesta alam. Berkat Islam, manusia dapat membedakan mana halal dan mana haram, mana hak dan mana kewajiban, mana salah dan mana benar. Berkat Islam juga, manusia meyakini adanya kehidupan kekal setelah kehidupan di dunia dan meyakini kehidupan akhirat lebih utama daripada dunia. Tanpa Islam, manusia bukan siapa-siapa. Tanpa Islam, ada manusia berwatak seperti batu, setan, atau binatang. Tanpa Islam, manusia dengan mudah menghalalkan segala cara dan bahkan membuat agama baru atau merekayasa agama.
Selain itu perlu diingat selain ada agama wahyu, ada agama budaya yaitu agama hasil kreasi atau rekayasa manusia. Sudah pasti kebenaran agama budaya cenderung merusak, seperti merusak sumber daya alam, sumber daya manusia, dan lain-lain. Banyak sekali macam-macam agama budaya seperti animisme, dinamisme, ateisme, agnoteisme, komunisme, liberalisme, materialisme, dan isme-isme yang lain. Faham dan ajaran ini banyak sekali diyakini benar, diperjuangkan, serta dijadikan pedoman hidup oleh penganutnya. Mereka bahkan rela berkorban demi ajaran dan faham yang telah terbukti merusak dan menyesatkan manusia.

Oleh : Drs. Abdul Hakim, M.Pd.I
Editor : Syamsi

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons