Rabu, 06 Februari 2013

Sumber Suara Hati


Oleh : Sucy Rukta Marda 2412031040
Suara hati fitrah manusia pada dasarnya bersifat universal, dengan catatan manusia tersebut telah mencapai titik zerodan terbebas dari titik belenggu. Lalu apabila mencermati surah As-Sajdah ayat 9, Allah telah menurunkan ciptaan-Nya yang bersifat mulia kepada manusia. Ini dibuktikan oleh anggukan Universaldan didasari oleh surat Al-A`raf ayat 172, yaitu ketika jiwa manusia mengakui dan mengangguk kepada Allah bahwa Allah-lah Tuhannya. Angkutan yang membenarkan suara hati fitrah itu terus berjalan dan bisa dirasakan. Dan suara hati adalah kunci spiritual, karena ia adalah fitrah. Keinginan diperlakukan adil, keinginan hidup sejahtera, keinginan mengasihi dan dikasihi. Itu adalh bukti adanya perjanjian spiritual antara manusia dengan Tuhan. Bandingkan dengan literatur-literatur barat yang menjelaskan tentang kecerdasan emosional dan spiritual, namun tidak mampu mengidentifikasi dari mana sumber suara hati fitrah tersebut.

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari Bani Adanketurunanya dari sulbinya, dan menyuruh mereka bersaksi terhadap dirinya sendiri (atas pertanyaan). “Bukan-kah Aku Tuhanmu?” mereka menjawab, “Ya, kami bersaksi!” (yang demikian itu) supaya jangan kamu berkata dihari kiamat, “kami tiada mengetahui hal ini. QS Al-A`raaf (Tempat Tertimggi) 7:172

Suara hati fitrah manusia dapat dipelihara dengan 99 sifat Allah yang ada di Al-Qur`an. Suara hati yang tiba-tiba muncul dan dirasakan,bisa berupa peringatan, larangan, atau sebaliknya sebuah keinginan , bahkan bimbingan. Sering kali, dapat berupa penyesalan apabila dorongan itu terlewatkan.

Jadi, haruss disempatkan hati menyepi sejenak, berzikir asmaul husna. 7 dasar yang harus dijunjung tinggi sebagai bekal untuk mencapai prestasi gemilang.

Diantaranya adalah :
1. Jujur
2. Tanggung Jawab
3. Disiplin
4. Kerja Sama
5. Adil
6. Visionar
7. Peduli

Ketujuh sifat inilah yang perlu dijadikan value atau nilai, yang akan memberikan `meaning` atau makna bagi yang melaksanakannya.

Jadi kita sebagai mahasiswa apabila ingin mendapatkan ilmu yang barokah dan prestasi yang gemilang harus tahu betul tentang suara hati yang fitrah dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah swt dan mengenali sifat-sifat Allah.

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons