Sabtu, 19 Mei 2012

MEMBUMIKAN JIWA SYUKUR

Adalah wajar jika manusia menginginkan hidupnya terasa menyenangkan dan kali tentu setuju bila kebahagiaan juga disandingkan dengan kehidupan kita. Kita pun yakin jika ketenteraman merupakan dambaan dalam kehidupan kita semua, itu terbukti kita selalu memohon dan berdo’a kepada Allah SWT, seraya berkata “Robbana Atina Fiddunya Khasanah wa Fil Akhiroti Khasanah Wa Qina ‘adza Bannar” yang artinya (Ya Allah berilah kepada kami kebahagiaan di dunia dan berilah kebahagiaan juga di akhirat dan jauhkanlah dari siksa api neraka).
Kalau kita saksikan kehidupan orang-orang di sekitar kita, tentu banyak menemukan kehidupan manusia yang berbeda. Ada yang hidupnya kacau padahal dia orang yang berada dengan memiliki harta yang melimpah. Disini, bisa kita ambil pelajaran bahwa kekayaan tidak menjadikan kehidupan seseorang itu bahagia, memang tanpa harta kita tidak bisa bersenang-senang, tapi harta dan kekayaan bukan jaminan seseorang hidupnya senang dan bahagia. Di sisi lain, kita menemukan ada kehidupan yang tenang dan tenteram padahal dia miskin bergaji kecil, rumahnya bukan milik pribadi melainkan milik orang lain (kontrakan), tapi dia menemukan kebahagiaan dalam kehidupannya. Ternyata, kunci untuk menemukan kehidupan yang tenteram dan nyaman adalah syukur.
Sangat sederhana dan singkat tapi kalau sudah bertengger di qolbu kita, maka akan  ditemukan ketenangan hidup. Syukur itu berarti mengikat nikmat, jika kita mendapat rizki (uang, jabatan, ilmu, jodoh, kesehatan, dan lain-lain) itu berarti kita telah mengikat nikmat yang ada, sehingga tak berhamburan. Inilah yang disebut barokah, memiliki uang barokah, memiliki jabatan dan ilmu dapat bermanfaat untuk orang lain, memiliki jodoh yang setia, memiliki badan yang sehat karena digunakan belajar, bekerja, dan beribadah. Selain itu, jika kita selalu bersyukur, maka Allah akan menurunkan nikmat yang lebih banyak yang sesuai dalam firman Allah SWT yaitu:



Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".” (QS. Ibrahim : 7)

Agar jiwa syukur selalu hadir di kehidupan kita, maka ada beberapa cara agar jiwa syukur bisa kita raih dan kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya, yaitu:
  •  Pertama, Dalam hidup jangan pernah merasa memiliki dan dimiliki, maka yakinlah bahwa semua apa yang ada di muka bumi ini hanyalah milik Allah SWT termasuk jiwa dan raga kita yang kelak akan kembali pada-Nya. Begitu pula dengan harta benda, jabatan, kesehatan, ilmu dan lain-lain itu semua hanya titipan Allah, kita hanya diperintahkan untuk menjaganya dengan baik dan mengembalikannya pada-Nya dengan baik pula. Hal ini sesuai firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 284 yang artinya “Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu... 
  • Kedua, ingatlah selalu pesan Rasulullah SAW, “Jika urusan dunia tengoklah bawahmu jika urusan akhirat tengoklah atasmu.” Artinya adalah, kita sebagai manusia yang beriman dengan memiliki kehidupan yang cukup haruslah selalu melihat orang-orang yang kehidupannya berada di bawah kita agar kita bisa selalu bersyukur bahwa semua yang kita miliki adalah nikmat dari Allah SWT. Selain itu, jika kita merasa ibadah kita kurang memuaskan, maka kita harus melihat orang-orang yang selalu beribadah kepada Allah SWT sepanjang hidupnya agar kita bisa memperbaiki ibadah kita untuk ke arah yang lebih baik.

Itulah dua renungan yang perlu kita pasang dalam kehidupan kita, agar hidup yang kita lalui tersa lebih indah, tenteram, dan menyenangkan.

Oleh : M. Khairul Anam,S.Pd.I
Editor : Syamsi 


Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons