Jumat, 09 September 2011

KUNCI KEJAYAAN HIDUP



Setiap orang pasti menginginkan kejayaan, kenyamanan, dan serba kecukupan dalam hidupnya. Karena dengan kejayaan, dia bisa memperoleh apa yang diinginkannya termasuk pengakuan dan mempengaruhi orang lain. Kejayaan sendiri identik dengan sifat hasanah, dan tentu saja setiap umat Islam pasti mendambakannya, baik di dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Menurut beberapa ulama, hasanah di dunia sendiri adalah kejayaan dan derajat yang tinggi bagi seseorang, yakni memiliki istri yang cantik dan shalihah atau suami yang tampan dan shalih, keturunan yang baik dan taat, rumah yang mewah, dan banyak yang lainnya. Sementara, hasanah di akhirat yaitu kejayaan dan derajat di atas semua itu., berupa rahmat dan ampunan Allah SWT serta surga yang indah, lengkap dengan fasilitas pendukungnya yang luar biasa indahnya, aman, tenteram, dan lain-lain seperti dalam surat Al-Baqarah : 25, Al-Ghasiyyah : 8-16 dan surat lainnya.
Menurut janji Allah dalam surat Al Mujadillah ayat 11, ada dua kunci utama untuk menggapai kejayaan dalam kehidupan,yaitu:
1.      Beriman
Iman atau keyakinan merupakan landasan pokok bagi kehidupan manusia. Dari keimanan tersebut seseorang akan beramal shalih, yaitu aktivitas yang tepat, proporsional, dan mengikuti petunjuk Allah SWT dan Rasulullah serta aturan yang ada. Dari keimanan itu, maka akan keluar karakter sifat amanah yang sehingga dalam aktivitasnya selalu menjaga kepercayaan yang diembannya dengan baik dan tanggung jawab. Semua sektor kehidupan birokrasi dan usaha juga membutuhkan orang-orang yang amanah dalam kehidupannya agar perusahaan akan jaya dan tidak mengalami kebangkrutan jika dijalankan oleh wirausahawan dan pekerja yang amanah. Demikian halnya dalam birokrasi pemerintahan, program untuk mensejahterakan kehidupan rakyatnya tentu akan jalan dengan baik dan mengena sasaran karena tidak dikorupsi dan dimanipulasi oleh aparatur pemerintahan. Allah berfirman:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al A’raf :96)

2.      Berilmu
Di samping iman, ilmu dan ketrampilan juga merupakan salah satu kunci dalam meraih kunci kejayaan kehidupan. Semakin tinggi ilmu yang dimilikinya, maka semakin mudah seseorang untuk mendapatkan kejayaan dan derajat puncak kehidupan, demikian sebaliknya. Seorang dokter, insinyur atau direktur, akan diberi gaji yang lebih tinggi dibanding dengan perawat, tukang atau karyawan, bukan karena volume kerja fisiknya, melainkan karena ilmunya. Betapa pentingnya ilmu dalam mencapai kejayaan hidup sehingga wahyu yang pertama kali disampaikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad untuk umatnya adalah perintah untuk membaca (meneliti) dan menulis.(QS Al Alaq:1-5)



Oleh : Drs. H. Syamsun Aly, MA.
Editor : Syamsi 

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di link balik dengan menyertakan link berikut di situs anda . Terima kasih.


0 komentar:

Posting Komentar

Tutur Kata Cerminan Pribadi Anda

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons